Pages

Senin, 23 Maret 2015

Abu Bakar Ash-Shiddiq

Hasil gambar untuk kepemimpinan abu bakar ash shiddiq
Dalam surat An-Nur ayat 65; Allah berjanji kepada orang-orang beriman untuk berkuasa di muka bumi dengan syarat beriman serta beramal shalih dan Allah akan menetapkan agama Islam menjadi satu-satunya agama yang menjadi panduan hidup yang kemudian menurunkan rasa aman dan damai.
 
Kekhalifahan dalam Ummat Islam ada 12 yang disepakati oleh para ulama.
Khalifah pertama adalah Abu bakar; merupakan khalifah yang sudah dipilih oleh Rasulullah dalam sebuah hadits, Abu Bakar disebut sebagai kalangan laki-laki yang dicintai oleh Rasulullah, dalam hadits lain bahwa ketika Perang Uhud terjadi gempa bumi dan Rasulullah bersabda “wahai Uhud, tenanglah! Di atasmu ada nabi, shadiq dan para syuhada.”
 
Keutamaan lain yang dimiliki oleh Abu Bakar adalah penyebutan tsaniatsnain (orang kedua dari yang dua) beberapa mufassir menyatakan istilah ini dimaksudkan bahwa Rasulullah ditetapkan sebagai pengganti Rasulullah untuk menjadi khalifah.
 
Abu Bakar r.a bertemu dengan Rasulullah SAW dalam nasab di kakek keenam. Julukan lain yang diberikan oleh Rasul adalah Al-Atiq artinya dibebaskan dari api neraka. Julukan lain adalah Ash-Shidiq artinya orang yang membenarkan. Julukan yang lain yang diberikan Allah yaitu shohib artinya sahabat. Julukan lain al-atqo al-awwah (orang takut kepada Allah karena merasa hina dihadapan-Nya).
 
Beliau dilahirkan 2,5 tahun setelah Rasul, bapaknya bernama Abul Kuhafah, ibunya Ummul Khoir, istrinya 4 dan anaknya 6. Istrinya pertama bernama Qotilah, memiliki 3 orang putra-putri, yaitu : Abdullah, Asma dan Muhammad. Istri kedua bernama Ummu Ruman, memiliki 2 orang putra-putri, yaitu : Aisyah dan Abdurrahman. Istri ketiga adalah Asma binti Umais dan istri terakhir beliau bernama Habibah yang memiliki seorang putri bernama Ummu Kultsum.
Beliau termasuk orang terbaik setelah Rasulullah SAW karena suka membantu kesulitan orang lain. Keluarga beliau diberikan amanah untuk menyambut tamu orang-orang berhaji. Beliau seorang pedagang dan beliau tidak pernah sujud kepada berhala.
 
Pembaiatan Abu Bakar r.a di Tsaqifah Bani Saidah beliau dibaiat menjadi khalifah pertama pada tanggal 12 Rabiul awal. Di hari pertama beliau pergi ke masjid dan dilaksanakannya baiat kedua oleh seluruh penduduk Madinah. Sedangkan baiat ketiga adalah beliau dibaiat oleh Imam Ali dan Abbas bin Abdul Muthalib.
 
Khutbah baiat abu bakar; baiatlah kalian kepadaku karena dengar dan taat kepada Allah, Rasul, Amir. Beliau menyatakan bahwa dirinya bukan orang terbaik, jika seumpama kepemimpinannya baik maka bantulah dan jika kepemimpinannya jelek, maka luruskanlah. Orang yang lemah adalah orang yang terkuat disisiku apabila dia benar dan orang yang kuat adalah orang yang lemah dihadapanku apabila dia bersalah.
 
Al-Qur’an juga dihimpun pada masa Abu bakar, beliau mengatakan; apabila tidak ditemukan dalam Al-Qur’an sebuah solusi maka carilah di dalam Al-Hadits apabila tidak ditemukan juga tanyalah kepada ahlinya.
sumber : http://www.nfbs.or.id

0 komentar:

Posting Komentar